Naskah Stand Up Comedy Koplak Terbaru 2015

Stand up comedy, humor monolog yang dibawakan secara tunggal beberapa tahun terakhir ini lagi ngetrend dan banyak digemari. Bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Contoh naskah materi stand up comedy dan video celotehan kocak para comic banyak beredar secara online di internet lewat youtube dan bisa di download secara gratis.

Kali ini saya akan mencoba tulis contoh naskah stand up comedy koplak versi ngawur . Terus terang ini kali pertama saya bikin artikel tentang stand up comedy. Jadi mohon dipersorry kalo hasilnya gak lucu, kurang kocak, agak garing, kurang greget, sedikit sinting, kurang memancing tawa dll (kalo norak udah pasti haha). Maklum... biasanya nulis naskah komedi putar. Hiks....

Inilah contoh naskah stand up comedy tema “Ringan” super koplak terbaru karya Republik Gondes.
(Keluar panggung. Langkah diagah-gagahin, tebar senyum kanan kiri, pegang microfon / mig, ambil napas dalam-dalam buat ngilangin nervous. Lalu... lets gets down....!! Hihi...)
Selamat pagi, siang atau malam.... – tergantung waktunya

Perkenalkan nama saya siapa....  
Kali ini saya akan mengambil tema yang ringan aja yaitu tentang kapas. Soalnya kalo ngambil tema besi baja terlalu berat.
Mungkin para sobat ada yang berpikir: Kalo kapasnya sekontainer kan berat juga.
Tepat sekali! Jalan pikiran sobat sangat jauh. Cocok untuk menikmati joke cerdas para comic. Karena konon bin katanya, materi stand up comedy yang baik itu harus cerdas. Harus bisa memancing penonton bermain logika untuk ketawa. Jangan sampai pemirsa diajak main gaple atau domino.
Kan bahaya itu. Bisa ditangkap polisi.

Ini polisi beneran bro... Bukan polisi tidur.
Ngomongin tentang kapas, saya teringat dengan bantal. Bantal saya terbuat dari kapas. Gulingnya juga. Kasurnya juga. Tapi kecoanya tidak.

(Nungguin, kali aja ada yang ketawa. Katanya comic yang baik harus kasih kesempatan audiens untuk ketawa dulu. Tapi sayangnya gak ada yang ketawa...)

Gara-gara males bersihin bantal, banyak kecoa di kamar saya. Kecoa dari seluruh dunia pada ngumpul semua. Gokil banget tuh kecoa. Emang kamar saya markas PBBK?

Tahu singkatan dari PBBK? Persatuan Bangsa-Bangsa Kecoa

(Alhamdulillah, ada beberapa penonton yang ketawa) Yang ketawa berarti salah satu anggotanya hahaha...

Selain kecoa, makhluk ngeselin lainnya yang suka  nyelempit di bantal kasur kapas adalah kutu busuk. Cuma satu sih... Tapi temennya banyak.
Parah banget tuh kutu. Udah dikasih minyak seliter, tetep aja baunya busuk. Udah gitu bikin mama saya... cie... panggil mama – biasanya panggil emak. Mama saya marah banget karena minyak gorengnya ilang seliter.
Mama teriak, “siapa yang ambil minyak goreng mama?”

Ya saya jawab, “kutu busuk, Ma...”

Terang aja mama tambah sewot. Mama bilang, “Kutu busuk kepala gondrong? Dasar kutu kupret!”

Hadew.. parah... (sambil garung-garuk kepala dan ngelirik rambut gondrong)

Kembali soal kapas...

Kapas itu melambangkan kemakmuran. Ya, hidup makmur itu dilambangkan dengan gambar padi dan kapas. Kenapa gak diganti kecoa dan kapas ya?

Atau kutu busuk dan kapas?

Kan yang suka tidur di atas kasur kapas itu kutu busuk?

Iya kan? Mana ada padi di atas kasur?

Gak percaya?

Coba periksa kasurnya. Tak bakalan nemui padi deh. Yang pasti ada itu kutu busuk... plus kecoa.

Uff.... (ambil napas panjang. Lumayan groginya udah mulai berkurang).

Kemaren di kasur kapas saya ada pergulatan seru. Maaf, ini bukan cerita parno. Jangan berpikir ngeres lho ya.

Iya, pergulatan seru antara kutu busuk dan kecoa. Mereka berebut untuk duduk di atas kursi..., sorry maksudnya kasur kapas. Kalo yang berantem rebutan kursi sih di senayan...

Lho, kok saya ngomongnya ngelantur ke urusan politik sih? Hehehe...(ketawa. Salah satu trik untuk menguasai panggung dan menutupi pada saat lagi “blank”. Kata Raditya Dika sih oke, wajar. Kata Om Indro Warkop DKI: Terusin aja biar dapat kompor gas)

Tapi ada benernya juga sih...

Antara rebutan kursi dan rebutan kasur itu cuma beda tipis. Sama-sama ada kapasnya.

Sama kayak kutu busuk dan kecoa di kasur saya. Mereka bergelut seru berebut kasur

Kata kecoa : “Ini kasur saya.”

Kutu busuk bilang : “Bukan. Ini kasur saya.”

Tiba-tiba ada tikus datang dan membentak :”Diam...!! Kenapa kalian ribut? Ini kasur saya!”

Kecoa dan kutu busuk terdiam. Kecoa merayap lunglai lalu tidur di guling kapas. Kutu busuk merayap lunglai lalu tidur di bantal kapas.

Saya juga merayap lunglai... lalu tidur... di atas lantai.

Oke, saya siapa...

Terima kasih, Selamat pagi siang atau malaaam.........!!

(Penonton melongo. Tapi beberapa saat kemudian suasana gedung pertunjukan riuh rendah. Penonton berdiri sambil bertepuk tangan memberi standing applous. Saya sempat Ge eR. Tapi lalu tersenyum kecut. Ternyata oh ternyata..... Mereka tertawa ngakak karena melihat Babe Cabita, salah satu penonton yang selama saya tampil tadi ketiduran sambil ngiler, tiba-tiba terjatuh dari kursi dengan muka nyungsep di atas saus tomat!)

Saya berdiri menunggu komentar dari dewan juri.

Komentar Raditya Dika : Ehm... gue ngerasa materi yang elo bawain terlalu ringan deh. Harus diingat, stand up komedi itu harus cerdas mentertawakan diri sendiri. Lain kali..., itu kalo hari ini Elo gak tereliminasi, coba tema yang agak sedikit berbobot. Contohnya tentang Nunung Srimulat atau Okky Lukman.

Satu lagi, bahan banyolan lo terlalu absurd dan slaptick. Hati-hati, itu bisa nyinggung perasaan kutu busuk dan kecoa peliharaan lo. Kalo mereka ngambek, sepulang dari sini mereka gak mau tidur bareng lagi ama lo.
Tapi its okelah. Untuk penampilan pertama, gua akui elo sangat berani. Berani menanggung malu!!

Komentar Indro Warkop : Gua tak sepenuhnya sependapat dengan pendapat Radit. Menurut gua penampilan lo hari ini lumayan. Hanya closing punchnya yang kurang menggigit. Terlepas hanya sedikit penonton di studio yang ketawa, tapi saya yakin kutu busuk dan kecoa yang saat ini lagi nonton TV pasti ngakak semua.
Kompor gas buat elo!!

Komentar Jono : Ehm... siapa kamu tadi namanya? Maaf, gua lupa karena tadi ketiduran. Gua hanya dengar tadi kamu ngomong tentang minyak goreng. Kalo gitu gua kasih seliter minyak goreng untuk kutu busuk elo.

(Penonton bertepuk tangan dengar komentar para juri. Saya tepuk jidat sendiri)

Dewan juri akhirnya memutuskan, pemenang kontes stand up comedy kali ini adalah penonton yang tadi terjatuh dan mendapat sambutan luar biasa dari penonton: Babe Cabita

Sobat nyangka cerita ngawur di atas tadi hanya plesetan gokil comic Indonesia atau nyata? Ah.... Sudahlah.... Daripada salah sangka mending baca humor bukan stand up comedi berikut ini:

42 komentar:

  1. wkwkwk tadi ane coba temen gue ngakak smua gan. Thanks... salam dari www.indostreamingtv.com dan www.tvonline.id

    BalasHapus
  2. ingin copas mas.. www.tawaku.net

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Males juga jadi komedian yang harus di apalinnya panjang bgt... pantesan komediAn pintar pintar....

    BalasHapus
  6. Mantap gan postingannya,, bikin ngakak

    BalasHapus
  7. Gokil banget ni
    Tingkatkan bro biar jadi artis komika online
    Ehehejej

    BalasHapus
  8. Lucuuuuuu... mantap gan postingannya,, terus yang barunya gan.

    BalasHapus
  9. qw ijin ngopy ya buat acra dskol haaa.

    BalasHapus
  10. Mantap gan..lucu ngocol banget naskahnya..plesetannya nyambung terus jadi ngak kehabisan topik...

    BalasHapus
  11. Ada juga di generasikeajaiban.wordpress.com

    BalasHapus
  12. Ampun deh,, Ngakaknya mantapp ,, hahaha

    BalasHapus
  13. Siip, Naskah Lawaknya Bagus dan Menarik Membuat saya Tertawa Sendiri :)

    BalasHapus
  14. Mantap gan, bikin ngakak

    numpang promo yang mau jualan/bisnis pulsa modal HP dan SMS doang

    hubungi

    http://www.marketpulsa.co

    BalasHapus
  15. Kekekekek..... mantap mas gondes... cuma ko lemah ya? Punch tiap bitnya... saya rasa materi ini cocok buat komika yg mainkan ack out panggung... d banding mnampilkan jokenya... heeee overall keren...

    BalasHapus
  16. Mantap gan
    MampirMampir ya blog ke blog ane
    http://materistandupcomedyindonesa.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus
  17. Kalo ini gak lucu bro, sori..

    Kapas itu melambangkan kemakmuran. Lihat aja di lambang garuda pancasila. Di sila kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia, dilambangkan dengan gambar padi dan kapas. Kenapa gak diganti kecoa dan kapas ya?


    Atau kutu busuk dan kapas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih koreksinya bro... udah direvisi kok. Sorry khilaf... untung diingetin, kalo tidak, bisa dihujat kayak ning Gotik nih...

      Hapus
  18. Pengen ikutan stand up comedy.tapi gapunya fans, takut gada yang ketawa :(

    BalasHapus
  19. heehehehehe lucu
    kumpulan naskah stand up comedy ----> http://tbmnews.com

    BalasHapus
  20. Mantap neh..


    http://www.kolakjengkol.com

    BalasHapus
  21. pertamax bang gondes
    izin copas ya,ditunggu kunjungan balik nya sentanupw.blogspot.com
    jangan lupa tinggalkan komen juga ya
    terima kasih

    BalasHapus
  22. Ini sangat menghibur, terima kasih.

    BalasHapus
  23. Thanks, artikelnya cukup membantu gan... terutama untuk pembuatan materi.
    Btw, boleh mampir ya... di http://standupcomedy-aditlingkar.blogspot.com
    Ni orang gila lagi pengen jadi comic.

    BalasHapus
  24. Mantap.. apalagi pas bawainnya ngalir di luar teks, gokil tuh

    BalasHapus

Tolong jangan mengcopy paste isi humor di blog ini ya, kecuali gambar. Kalau gambar / meme silahkan dicomot sepuasnya asal tidak menghilangkan caption (tulisan republikGondes). Pelanggaran akan dilaporkan pada pak camat!