Seni Bermain Kata Lucu Berjegal

Posted By Agus Toni Indriyatno on Friday, January 9, 2015 | 10:29 PM

Seni bermain kata-kata berkait untuk membuat efek lucu tidaklah mudah. Perlu keahlian dan ketelitian untuk merangkai padanan kata yang pas agar tidak menyimpang terlalu jauh dari pesan yang ingin disampaikan. Ini hampir sama dengan seni berbalas pantun. Bedanya, dalam pantun jenaka yang ditekankan adalah persamaan bunyi. Sedangkan ini penekanannya adalah persamaan obyek dan subyek cerita. Saya menyebutnya dengan istilah seni kata lucu berjegal. Karena isinya saling menjegal antara subyek dan obyek cerita, dimana obyek yang disebut oleh subyek di kalimat / bait pertama akan jadi subyek di kalimat / bait kedua. Begitu seterusnya.
Bingung ya? Kalo gitu sama. Hahaha...

Coba deh baca contoh kata lucu berjegal dibawah ini. Perhatikan secara seksama kata-kata yang berwarna merah dan biru. Mungkin itu bisa membantu untuk memahami penjelasan saya yang mbulet di atas. Maklum, saya bukan tutorial yang baik dan biasanya hanya menulis cerita koplak (komedi konyol asal njeplak) yang ringan dan tak terlalu banyak mikir.

Kata-Kata Kelewat Lucu

Kata orang tua: Gaya pacaran orang muda jaman sekarang udah kelewat batas
Kata orang muda: Gila kali, udah tua kok pacaran... ingat, udah kelewat umur!!
Kata orang gila: Orang tua atau muda sama aja, kelewatan banget kalo masih jomblo belum pernah pacaran
Kata orang jomblo: Mendingan jomblo daripada udah pacaran dengan berbagai gaya tapi ujung-ujungnya diselingkuhin juga lalu mikirnya kelewatan trus jadi gila.
Kata selingkuhan: Kelewatan banget kalo pada gak tahu bahwa selingkuh itu indah.
Kata Indah: Pada ngomongin apa sih? Kelewatan banget, ganggu orang lagi tidur.
Kata orang lagi tidur: Terusin aja sendiri permainan kata berjegal kalian yang kelewat koplak itu! Ngantuk tahu?!
Kata orang koplak: hadew... ampun!! kapan abisnya nih.... 

Hehehe....
*** ***

Kata-Kata Lucu Katanya

Kata yang ngegombal: Katanya orang cakep harus selalu senyum... kok galau?
Kata yang galau: katanya cinta... kok nyakitin?
Kata yang nyakitin: katanya rela berkorban... kok disakitin gak terima?
Kata yang gak terima: katanya akan setia... kok mendua?
Kata yang mendua: katanya rela berbagi... kok baru diduain aja marah?
Kata yang marah: katanya hanya aku seorang... kok masih ngelirik yang lain?
Kata yang lain: katanya..... Tenang aja, gue gak serius ama dia kok. Cuma mau morotin aja buat ngejar Cita-Cita
Kata Cita-Cita Ta: katanya.... Wadaow......!! Sakitnya tuh di sini.....
Kata yang di sini: zzzz... zzzz (tidur... katanya capek nerusin kata-kata tiada akhir ini)
Kata yang capek: Katanya udah capek.... Ini bener-bener udah capek. Stop!!

Hihihi (silahkan terusin sendiri di kolom komentar dengan subyek “kata yang bener-bener. Obyeknya bikin sendiri deh).


Humor bermain kata-kata berjegal di atas saya tulis demi memberi keragaman tema humor pada pembaca, biar gak bosen baca yang itu itu melulu. Dan siapa tahu menginspirasi sobat untuk menulis kata lucu sejenis dan mengenang Republik Gondes sebagai blog pertama yang memopulerkan kata-kata lucu berjegal hehe. (Padahal itu udah lama kok. Ingat permainan lagu “sedang apa... sedang apa... sedang apa sekarang... sekarang sedang apa... sedang apa sekarang....” dst).

Oke sob, itu aja untuk sementara humor kali ini. Terima kasih telah dikunjungi. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Hati-hati jangan sampai kejegal untuk baca humor lain di bawah ini:

Naskah Stand Up Comedy Terbaru
Update Status Terlucu
Cara Gokil agar blog ramai dikunjungi
Cara Unik Gokil Menyatakan Kata Cinta 
Cara Menulis Cerita Lucu Yang Tak Lucu

Blog, Updated at: 10:29 PM

3 comments:

  1. wkakakakakakaka emnag orang lagi tidur bisa berkata ya mas ckakakakaka gokil abis deh

    ReplyDelete
  2. Kata yang bener-bener : Katanya ini blog koplak... kok kreatif banget?

    ReplyDelete

Tolong jangan mengcopy paste isi humor di blog ini ya, kecuali gambar. Kalau gambar / meme silahkan dicomot sepuasnya asal tidak menghilangkan caption (tulisan republikGondes). Pelanggaran akan dilaporkan pada pak camat!

Keren